Banyak yang mengeluh lamanya revalidasi sertifikat pelaut di maritime training center pertamina Rawamangun Jakarta,akibatnya banyak pelaut yang tidak bisa berlayar karena harus menunggu keluarnya sertifikat.Padahal di  tempat lembaga diklat lain 1 minggu sudah online dan bisa di ambil sertifikatnya.

Setiap hari puluhan bahkan ratusan pelaut yang komplain di diklat pertamina karena sertifikatnya tidak kunjung jadi.ada yang sampai  10 bulan bahkan setahun belum juga kelar. Setiap kali menanyakan ke petugas loket jawabannya ada saja, dari alasan katanya fotonya tidak adalah, padahal begitu selesai membayar biaya revalidasi kita langsung menuju ke ruang  foto.yang lebih sadis lagi katanya berkasnya hilang. Ini menurut penurut penuturan beberapa teman kita yang kebetulan sama-sama komplain.

sayapun bertanya-tanya kenapa Pertamina tidak seperti dulu,padahal  memiliki standar mutu seharusnya pelayanan semakin baik,kalau di tempat diklat lain bisa cepat kenapa di pertamina tidak? .. seperti yang di tegaskan oleh Capt Weku K di kompasiana “” Certificate of Proficiency (COP) Pelaut STCW 2010 Amendment seharusnya sudah tidak mengalami masalah keterlambatan, karena Ditkapel Perhubungan Laut Sudah Mencetak sesuai dengan kebutuhan lembaga Diklat Kepelautan “.


Kemungkinan besar ada oknum-oknum nakal yang bermain di lembaga diklat pelaut  pertamina yang tanpa memikirkan nasib para pelaut yang menjadi tulang punggung utama keluarga dalam mencari nafkah.pertanyaanya apakah diklat pertamina mau mengganti kerugian pelaut karena harus kehilangan pekerjaan.Perusahaan tempat kita bekerja tidak mau tahu alasan kita,padahal  ini adalah kesalahan lembaga diklat pelaut.

Pekan lalu saya datang ke MTC Pertamina menanyakan sertifikat revalidasi yang sudah satu bulan belum online,padahal sertifikat yang direvalidasi  di lembaga diklat lain  satu minggu sudah online,malah di PIP Semarang hanya 5 lima hari kerja.Karena tidak puas dengan jawaban petugas loket , akhirnya saya dengan teman-teman senasib menyeret petugas itu di bawa ke tempat di mana proses sertifikat diproses.  Alhasil kami dan kawan dapat jawaban yang memuaskan,” lusa sudah online”, katanya. Dan kepada kawan lain  yang kasus sertifikatnya belum keluar, ‘’tunggu 1 jam nanti bisa di ambil’’.kata petugas tersebut.

Jadi buat rekan pelaut yang sudah revalidasi di pertamina  lama belum keluar bisa pake cara saya di atas.
foto pelaut komplain  di MTC pertamina
Kumpulkan kawan lain yang senasib dan paksa petugas loket dibawa ke tempat kantor depan.kalau tidak mau minta saja surat keterangan untuk menghadap direktur, pokonya jangan nggih-nggih saja kalau tidak ingin kecewa.

Di terakhir posting ini saya menghimbau buat rekan pelaut yang belum sempet revalidasi di MTC Pertamina apalagi untuk kebutuhan mendesak lebih baik transfer revalidasi saja  ke Binasena,bisa cepat seperti di lembaga diklat HUBLA seperti BP3IP,STIP,FOCUS,dll.di Binasena menerima revalidasi sertifikat pelaut dari lembaga diklat lain di Jakarta, harganya lebih mahal tidak masalah daripada harus kehilangan waktu dan uang lebih banyak.

Menurut Capt Weku K dari Dithubla (di muat di kompasiana), menyarankan bagi pelaut yang memiliki masalah dengan sertifikat pelaut baik COP atau COCnya  bisa diinformasikan melalui email Ditkapel  kepelautan@dephub.go.id. 

Salam pelaut 



Post a Comment Blogger

  1. Makasih nang infonya,soalnya q rencanamo revalidasi scrb ma bst aku.tp klo kyk gt..sadis jg..skarang aku dngar niaya revalidasi pertamina itu skitar 600ribu malah lbh mahal kan dr bina sena.apalagi klo sertifikatnya lama bru bsa online kan susah nnt.kemarin aja SATSDSD aku tuh hampir 2 tahun bru nisa kluar.alasannya baxklah klo ditanyain...

    ReplyDelete
  2. brengsek sudah dua Hari mencoba hubungan melalui telp tidak pernah berhasil sangat kecewa di jaman yg sudah cangih playanan pemrintah sangat sangat tt mengecewakan! !!!

    ReplyDelete
  3. Info dong kalao ambil di pertamina bisa g di revalidasi di STIP atau lembaga diklat lain

    ReplyDelete
  4. Apa alasannya kenapa lama online sertifikat dan fisiknya blanko sdh hbs apa cuma permainan.

    ReplyDelete
  5. Saya jadi bingung lihat pertamina kenapa jadi lambat saya ngurus Updating aja dari bulan 8 sampe mau empat bulan nunggunya saya rasa ada yg gak beres dipertamina saya doain semoga pertamina kena kasus yg besar di tahun ini gak mikir gara" sertifikat belum online kita gak bisa berlayar gak bakal lagi kita urus sertifikat di pertamina banyak setannya...gak mikir apa

    ReplyDelete
  6. Cepat keluarkan sertifikat kami pertamina jgn taunya uang aja profesional dong...

    ReplyDelete
  7. sepertinya Lembaga dan dinas terkait hanya bisa ngomong2 online-online..tapi Sumbardaya Manusianya/operator belum siap.sangat disayangkan.Dan saya rasa bukan hanya yang revalidasi.untuk yang ambil sertf baru pun bernasib sama.harus menunggu lama untuk mengetahui onlinenya dan sertf fisiknya.

    ReplyDelete
  8. minta infonya dong kawan...
    Klo alamat binasena dmn
    Thankz

    ReplyDelete
  9. Pertamina gak seperti dulu...... sekarang brengsek

    ReplyDelete

 
Top